28 Fakta Unik Dan Menarik Tentang Mangga Yang Patut Diketahui

Fakta Unik Tentang Mangga – Mangga adalah buah batu berair dari banyak spesies pohon tropis milik genus tanaman berbunga Mangifera, sebagian besar dibudidayakan untuk buahnya. Mayoritas spesies ini ditemukan di alam sebagai mangga liar. Lihatlah di bawah untuk 28 fakta lebih menarik dan menarik tentang mangga.

1. Mangga asli dari Asia Selatan, dari mana mangga umum atau mangga India, Mangifera indica, telah didistribusikan di seluruh dunia untuk menjadi salah satu buah yang paling banyak dibudidayakan di daerah tropis.

2. Mangga adalah buah nasional India, Pakistan, dan Filipina, dan pohon nasional Bangladesh.

3. Di India, panen dan penjualan mangga terjadi dari bulan Maret hingga Mei. Ini setiap tahun diliput oleh kantor berita.

4. Kaisar Mughal Akbar dikatakan telah menanam kebun mangga yang memiliki 100.000 pohon di Darbhanga, India timur.

5. Dalam agama Hindu, mangga yang matang sempurna sering dipegang oleh Lord Ganesha sebagai simbol pencapaian, sehubungan dengan potensi kesempurnaan para penyembah.

6. Kulit mangga kering dan bijinya digunakan dalam pengobatan Ayurvedic.

7. Daun mangga digunakan untuk menghias gapura dan pintu di rumah-rumah India dan selama pernikahan dan perayaan, seperti Ganesh Chaturthi.

8. Di Andhra Pradesh, daun mangga dianggap menguntungkan dan digunakan untuk menghias pintu depan selama festival.

9. Di Tamil Nadu, mangga disebut sebagai salah satu dari tiga buah kerajaan, bersama dengan pisang dan nangka, karena manis dan rasanya. Tiga serangkai buah ini disebut sebagai ma-pala-vazhai.

10. Di Hindia Barat, ungkapan “berjalan mangga” berarti mencuri buah mangga orang lain. Ini dirayakan dalam lagu terkenal, “The Mango Walk.”

11. Di Australia, baki mangga pertama musim secara tradisional dijual di lelang untuk amal.

12. Mangga, meskipun hampir tidak pernah terdengar di Tiongkok sebelumnya, dipopulerkan selama Revolusi Kebudayaan sebagai simbol cinta Ketua Mao Zedong kepada rakyat.

13. Manusia telah menciptakan lebih dari 400 varietas mangga melalui pemuliaan selektif.

14. Menurut legenda, Buddha bermeditasi di bawah bayangan pohon mangga.

15. Pohon mangga adalah tanaman yang tinggi dan selalu hijau, yang tingginya bisa mencapai 115 hingga 130 kaki. Mahkotanya memiliki diameter 33 kaki.

16. Pohon mangga memiliki daun yang sempit dan kasar. Warnanya hijau tua dan disusun bergantian di dahan.

17. Pohon mangga memiliki akar kuat yang tumbuh sedalam 20 kaki ke tanah. Akar dirancang untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah berpasir yang dikeringkan dengan baik.

18. Mangga mengembangkan bunga kecil, putih atau merah muda yang terdiri dari 5 kelopak. Bunga individu adalah bagian dari cabang perbungaan.

19. Bunga mangga diserbuki oleh angin atau serangga seperti berbagai jenis lalat, ngengat dan kupu-kupu.

20. Pohon mangga mulai menghasilkan buah setelah empat tahun. Beberapa pohon dapat menghasilkan buah bahkan setelah 300 tahun.

21. Mangga menjadi matang penuh setelah 3 hingga 6 bulan. Mangga yang tersedia secara komersial dipanen hijau untuk mencegah pembusukan buah saat sedang dalam perjalanan ke supermarket di seluruh dunia.

22. India adalah penghasil mangga terbesar di dunia. 60% dari mangga dunia diproduksi di India.

23. Mangga adalah sumber yang kaya akan kalium, vitamin C dan vitamin A. Ini juga mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi, yang memfasilitasi pencernaan.

24. Mangga dapat dimakan mentah atau dalam bentuk jus, es krim, milkshake dan berbagai jenis hidangan asin dan manis.

25. Senyawa yang diisolasi dari daun mangga, kulit kayu, kulit dan biji digunakan dalam pengobatan tradisional India. Studi terbaru menunjukkan bahwa senyawa ini dapat mencegah perkembangan diabetes dan menurunkan kadar kolesterol darah tinggi.

26. Minyak yang diisolasi dari daun mangga dan getah pohon dapat menghasilkan dermatitis kontrak pada individu yang sensitif.

27. Jus mangga dapat digunakan sebagai bumbu karena melembutkan tekstur daging.

28. Kata bahasa Inggris “mangga” berasal dari kata Malayalam “manna” melalui “manga” Portugis selama perdagangan rempah-rempah dengan Kerala pada tahun 1498.

Nah, demikian beberapa fakta unik dan menarik tentang mangga. Semoga informasi ini bisa memberikan pengetahuan yang menarik untuk kita semua. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.